Search This Blog

Longsor Dibersihkan, Jalur Cianjur-Bandung Masih Lumpuh

Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas Bina Marga Provinsi Jawa Barat dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih berupaya menyingkirkan material longsor yang menutupi jalan utama Cianjur Selatan-Bandung di Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jalan utama Cianjur Selatan-Bandung itu sempat lumpuh akibat longsor yang terjadi pada Sabtu (10/11) lalu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Doddy Permadi, mengatakan, alat berat sudah diturunkan untuk membersihkan longsor dari permukaan jalan.

"Petugas dari Dinas Bina Marga Provinsi Jabar dan dari PU pusat sudah bekerja sejak hari pertama kejadian. Alat berat baru kemarin datang ke lokasi," kata Doddy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (12/11).

Hingga siang tadi petugas berupaya menyingkirkan tanah. Cuaca di lokasi masih cukup mendukung upaya para petugas dalam membersihkan longsoran. "Kini tinggal beberapa meter lagi supaya bisa tembus. Yang penting bisa jalan dulu kendaraan nanti kiri kanannya bisa sambil diperbaiki," ungkapnya.


Untuk sementara ini, kendaraan baik dari arah Cianjur Selatan dan dari arah sebaliknya belum bisa melintasi jalur tersebut. "Mudah-mudahan cuacanya mendukung terus biar semakin cepat pembersihannya," tegasnya.

Seperti diketahui, tanah longsor menyebabkan jalur utama penghubung Cianjur Selatan dengan Kabupaten Bandung terputus. Material tanah, batu, dan pohon menjadi timbunan setebal kurang lebih 4 meter di atas permukaan jalan.

Longsor yang menutup ruas jalan terjadi di ruas jalan provinsi kilometer 232+800 dan kilometer 36+300, Naringgul Cidaun, Kabupaten Cianjur. Hal itu mengakibatkan tertimbunnya jalan provinsi sepanjang lebih dari 60 meter di kilometer 232+800 dan 15 meter di kilometer 36+300.

Akibat kejadian ini, kendaraan dari arah Ciwidey di Bandung maupun Cidaun di Cianjur tidak bisa melintas. Tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa ini. (hyg/ain)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2OGLGd8
November 12, 2018 at 10:59PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2OGLGd8
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Longsor Dibersihkan, Jalur Cianjur-Bandung Masih Lumpuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.